Ketika berkendara dalam kondisi panas terik atau saat matahari mulai terbenam, terpaan sinar matahari seringkali menyebabkan silau di mata, sehingga mengganggu pandangan pengemudi. Hal ini tentunya berbahaya, hilangnya konsentrasi sebentar saja bisa berakibat fatal. Bagaimana cara mengatasi silau matahari saat mengemudi?

Memanfaatkan Sun Visor

Sun visor merupakan perlengkapan standar yang sudah tersedia di setiap mobil, dan berguna untuk menghalangi cahaya matahari yang masuk supaya tidak pandangan tidak silau. Namun, posisi sun visor yang kurang fleksibel kadang tidak mampu menghambat cahaya, faktor seperti posisi matahari atau postur tubuh sangat berpengaruh.

Menggunakan Kacamata Hitam

Kacamata hitam dengan lensa terpolarisasi bisa menjadi alternatif untuk mengatasi silau matahari saat mengemudi. Kacamata ini dirancang khusus untuk melindungi mata dari silau cahaya, dan tentunya akan memperkecil resiko kecelakaan saat berkendara di bawah sinar matahari.

Memasang Kaca Film

Memasang kaca film juga bisa mengurangi jumlah cahaya yang masuk. Namun, tingkat kegelapan kaca film juga perlu diperhatikan. Kaca film yang terlalu gelap justru bisa mengganggu pandangan pengemudi, apalagi di saat kondisi gelap.

----------

Apabila Anda harus mengemudi sambil menerjang silaunya cahaya matahari, sebaiknya perhatikan juga beberapa hal lain seperti menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, memastikan kedua sisi kaca depan bersih, dan menghindari meletakkan barang di dasbor supaya tidak menimbulkan pantulan cahaya.

Jika silau matahari tidak bisa dihindari dan pandangan sangat terganggu atau melelahkan mata, sebaiknya Anda mencari tempat aman untuk berhenti sejenak.